Rabu, 25 April 2012

Fakta Menarik Tentang Lumba-lumba

Lumba-lumba banyak dimanfaatkan oleh berbagai pihak, seperti militer AS yang pernah melakukan percobaan terhadap lumba-lumba untuk misi Spionase (mata mata). Lumba-lumba memiliki kemampuan unik yang sesungguhnya bila kita sebagai manusia jeli dapat menangkap maksud dari perubahan perilaku lumba² tersebut.

Kemampuan uniknya tersebut antara lain :

1. Suka menolong manusia yang kebetulan tersesat atau terombang ambing di tengah laut (biasanya lumba² menolong dan membimbing menuju perairan), selain itu dapat juga mengetahui kapan bencana gempa akan terjadi.
Semua itu memungkinkan karena lumba² merupakan hewan yang sangat mudah untuk dilatih. diperkirakan terdapat antara 30 sampai dengan 40 jenis lumba², 5 diantaranya merupakan lumba² yang hidup di air tawar. Walaupun mereka hidup di dalam air, lumba² adalah mamalia yang bernafas melalui blowhole, yang terletak di bagian atas kepala mereka.
Beberapa jenis lumba² harus naik ke permukaan untuk bernafas setiap 20 sampai 30 detik. Lumba² sangat sosial, gemar bermain, teliti, dan cerdas. Mereka hidup dalam kelompok atau keluarga yang disebut Pods. lumba² berisitirahat dengan hanya mengaktifkan setengah dari otak mereka, dan mata nya terbuka sebelah.
Hal ini memungkinkan mereka untuk naik ke permukaan untuk bernafas dan untuk melindungi diri dari predator. lumba² jantan biasa disebut Bulls (banteng) sedangkan betinanya di sebut Cows (sapi). Lumba² dapat mencapai kecepatan 60 km/jam nya atau 37 mph. Selain itu Kedua sisi otak lumba² bekerja secara terpisah.
Selama 8 jam, kedua sisi otak itu sadar. Kemudian sisi yang kiri akan tidur selama 8 jam. Setelah sisi itu terbangun, sisi yang kanan akan tidur selama 8 jam. Dengan demikian lumba² dapat tidur selama 8 jam tanpa harus berhenti secara fisik dan terus berenang.

2. Lumba² sembuhkan autis. Metode yang kini sedang tren adalah terapi lumba² (dolphin therapy). Autisme adalah gangguan perkembangan yang kompleks, disebabkan adanya kerusakan pada otak. Anak mengalami gangguan seputar perkembangan komunikasi, perilaku, kemampuan bersosialisasi, dan lain-lain.
Anak dengan gangguan autis dikenal sebagai pribadi yang tak mampu berkomunikasi dengan orang terdekat sekalipun. Anak autis juga tak mampu mengekspresikan perasaan dan keinginannya, seringkali tertawa atau menangis sendiri.
Meski secara fisik tak bercela, ciri yang menonjol pada anak autis adalah sulit berbicara. Hingga kini, gangguan ini belum diketahui secara pasti penyebabnya. Meski demikian, serangkaian terapi telah banyak dilakukan orang, misalnya metode ABA (applied behavioral analysis), hidrotermal, hidromekanik, dan hidrokemis. Hewan ini mampu mengirimkan serangkaian sinyal ultrasonik untuk mendeteksi keberadaan benda di sekitarnya. Lumba² juga senang bermain-main. Otaknya yang lebih besar dari simpanse atau kera, membuatnya tergolong binatang cerdas.Kegemaran bermain memudahkan hewan menyusui ini akrab dengan manusia.
Kepandaian lumba² berinteraksi dengan manusia dimanfaatkan oleh banyak ilmuwan sebagai terapi pengobatan. Stimulasi² yang dilakukan lumba² pada panca indra memungkinkan dicapainya kesembuhan bagi manusia. Suara lumba² membuat rileks dan perasaan menjadi lebih tenang. Sentuhannya merangsang saraf sensoris, pendengaran, penglihatan, dan konsentrasi anak. Setelah bermain dengan lumba², anak menjadi lebih konsentrasi, sehingga memacu semangat belajar.
Dalam perkembangannya, lumba² tidak hanya diperuntukkan bagi anak² down syndrome atau autis saja, juga untuk orang dewasa yang mengalami gangguan mental dan sensor saraf indra.
Kenapa lumba²? Lumba² bisa dijadikan sarana terapi karena mampu berinteraksi dengan manusia. Hasil penelitian Vilchis Quiroz dari Medical Director Aragon Aquarium, Mexico City, Meksiko, ketika berinteraksi dengan lumba², hormon endorfin pada manusia meningkat. Hal ini membuat terbentuknya keseimbangan antara otak kiri dan kanan. Gelombang ultrasonik, hasil stimulasi suara² atau sonar yang dikeluarkan lumba², mampu diterima sempurna oleh manusia.

3. Lumba² menggunakan suara untuk indera penglihatan nya, menggunakan suara untuk mencari ke arah mana dia harus berenang mencari makan, yang unik saat lumba² mengeluarkan suaranya untuk mencari ikan² kecil makanannya, maka ikan² kecil itu akan tidak berdaya.
Fakta lain dari lumba² yang mungkin kita sering mengetahuinya adalah mereka suka mengiringi kapal kapal yang berlayar di tengah lautan di sisi kiri kanan lambung kapal, hal ini tentu saja menjadi tontonan tersendiri bagi penumpang kapal.

4. Beberapa tahun belakangan ini, banyak lumba² yang diburu untuk dijadikan bahan makanan karena dipercaya memiliki khasiat kesehatan. Hal ini sungguh sangat menyedihkan, karena hal tersebut dapat menyebabkan kepunahan hewan itu dari muka bumi. Sering kita mendengar, mereka terdampar di pesisir pantai karena akibat dari terganggunya sistem navigasi yang di karenakan gelombang panas atau adanya gangguan lain di laut.
Bila gendang telinga binatang itu rusak, mereka akan kehilangan arah, dan kemudian muncul ke permukaan lalu berenang tak tentu arah.


Mari Kita Lindungi Lumba-Lumba !!!

0 komentar:

Posting Komentar

Leave your comment here .. ˆ⌣ˆ

LIKE and SHARE jika kamu suka :)


Followers

SMS gratis all operator :)

sebelum mengirim jangan lupa di ceklis kotak kecil di bawah nya. *jangan lupa sertakan nama anda, karena si penerima sms tidak akan tau jika itu sms dr anda.*


Translate Here in Your Languange

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified